Header Ads

Seo Services

Kursus AC Mobil : Inilah Cara Kerja AC Mobil

Sekarang ini, semua mobil hampir dipastikan sudah dilengkapi dengan AC mobil. AC mobil ini bertugas untuk mendinginkan kabin mobil sehingga orang-orang yang menaiki mobil tetap merasa nyaman walaupun harus menempuh perjalanan dalam waktu yang lama. Seiring dengan timbulnya berbagai masalah pada AC mobil, dibutuhkan orang-orang yang ahli dalam menangani urusan ini. Para ahli ini biasanya melalui pendidikan khusus salah satunya dengan mengikuti kursus AC mobil.
AC mobil memang tidak boleh dipandang sebelah mata. Coba saja AC mobil kamu rusak, mati, dan tidak bisa dinyalakan. Kamu tidak akan merasa nyaman berada di dalam mobil karena mobil jadi terasa panas. Buka jendela pun bukan solusi apalagi jika kamu berkendara di siang hari.

Solusinya tentu saja dengan membawanya ke service AC mobil untuk ditangani oleh ahlinya. Kamu sebaiknya tidak mengutak-atiknya sendiri karena bisa menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Mereka yang ahli menangani masalah pada AC mobil sudah menempuh pendidikan kursus AC mobil sehingga tahu solusi terbaik untuk masalah pada AC mobil kamu.

Tidak hanya dibekali dengan pengetahuan untuk menangani berbagai masalah pada AC mobil, mereka juga dibekali dengan informasi mengenai bagaimana cara kerja AC mobil. Nah, untuk kamu yang ingin tahu bagaimana AC mobil kamu bekerja dan komponen apa saja yang ada di dalamnya, berikut adalah informasinya.

1. Pertama, kompresor akan berputar. Kemudian mulai menghisap gas freon yang berasal dari evaporator.

2. Setelah freon dihisap oleh kompresor, freon akan disalurkan ke bagian kondensor dalam tekanan dan temperatur yang tinggi.

3. Di dalam kondensor, freon akan diubah menjadi zat cair. Caranya adalah dengan mendinginkan temperatur pada freon. Freon yang berbentuk cair tersebut juga akan melewati receiver drier untuk menyaring kotoran yang ada serta menyerap kandungan uap air yang ada di dalamnya.

4. Selanjutnya, freon yang sudah melewati receiver drier akan mengalir ke bagian ekspansi valve dan terjadi pengkabutan di bagian evaporator.

5. Udara dingin yang diserap oleh kisi-kisi evaporator selanjutnya akan dikeluarkan melalui motor blower. Udara dingin yang keluar dari motor blower inilah yang dinikmati oleh orang-orang yang berada di dalam kabin mobil

6. Kemudian prosesnya berulang mulai dari dihisapnya freon oleh kondensor.

Nah, itulah cara kerja AC mobil yang kamu miliki. Penting untuk mengetahui cara kerja AC mobil, baik untuk kamu yang ikut kursus AC mobil maupun tidak. Dengan mengetahui cara kerja AC mobil dan komponen yang terlibat dalam proses tersebut, akan lebih memungkinkan bagi kamu untuk menemukan penyebab dari masalah pada AC yang mungkin timbul. Selain itu, kamu juga lebih mudah dalam melakukan perawatan dan pengecekan mandiri secara berkala.

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.