Header Ads

Seo Services

5 Kesalahan yang Tidak Disadari Ketika Memasak Ayam

Salah satu menu makanan favorit banyak kalangan adalah ayam goreng. Yup, ayam goreng ini selain rasanya enak proses memasaknya juga cukup mudah dan hemat waktu. Inilah yang kemudian membuat banyak orang menyukai olahan ayam satu ini. Tidak peduli usia, anak-anak hingga orang dewasa pun menyukainya. 
Meski ayam goreng sering dijadikan menu harian, ternyata tidak sedikit yang belum bisa mengolah ayam goreng dengan benar. Lantas apa saja sih kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan ketika memasak ayam? Berikut ulasannya.

1. Mencuci daging ayam terlalu lama

Kesalahan yang paling umum adalah kita terlalu lama mencuci daging ayam yang akan dimasak. Niatnya sih agar kotoran yang menempel pada daging bisa hilang. Akan tetapi, alih-alih membuat daging menjadi bersih, daging ayam tersebut akan memunculkan bakteri.

Terlebih lagi jika kita mencucinya di wastafel, ini akan memudahkan bakteri menyebar. Jadi, usahakan untuk langsung mencuci pakai tangan lalu diolah. Manfaatkan api sedang untuk memasaknya.

2. Hindari memasak daging ayam beku secara langsung

Mulai hari ini hindari menyimpan daging ayam terlalu lama. Sekalipun menyimpannya di lemari es, ini akan mengurangi kesegaran dari daging ayam itu sendiri. Itu artinya rasa nikmat dari olahan daging pun akan berkurang.

Selain itu, pastikan untuk tidak langsung memasak daging ayam yang masih beku. Jika daging ayam dimasak saat masih beku, ini membuat ayam kurang matang. 

3. Hindari menghilangkan kulit dan tulang ayam sebelum dimasak

Ayam goreng akan memiliki rasa yang nikmat jika dimasak beserta kulit dan tulangnya. Jadi tidak perlu menghilangkan kulit dan tulang ayam sebelum memasakanya ya. Tulang dan kulit yang dibiarkan dimasak bersamaan dengan daging ayam akan membuat daging lebih lembut dan empuk. Selain itu daging ayamnya juga bisa lebih lembab.

4. Hindari memakai pisau yang juga dipakai untuk mengolah daging mentah lainnya

Siapa yang sering memakai pisau dan telenan yang sama ketika mengolah daging ayam? Pasti kita sering melakukannya karena dinilai lebih praktis. Padahal hal ini seharusnya dihindari sebab banyak bakteri yang menempel pada pisau maupun telenan. 

Dan apabila pisau yang sama digunakan untuk mengolah daging ayam mentah lainnya, maka bakteri tersebut justru berpindah pada daging yang telah dibersihkan. 

Apa lagi bakteri yang memungkinkan muncul tersebut adalah bakteri Salmonella. Jangan sampai kita mengonsumsi makanan yang tidak sehat ya. Oleh karena itu selalu cuci pisau yang telah dipakai sebelum digunakan untuk mengolah daging lainnya.

5. Jangan goreng ayam dalam satu penggorengan sekaligus

Maksudnya di sini adalah hindari memasak atau menggoreng daging ayam dalam jumlah banyak di satu penggorengan. Alih-alih ingin praktis dan cepat matang, hal ini termasuk kesalahan yang fatal. 

Ya, akibatnya kematangan daging ayam kurang merata. Terlebih jika daging ayam berdempetan dengan daging-daging ayam lainnya. Ini juga akan membuat kulit ayam menempel dan akhirnya tidak bisa matang. Bukankah ini justru membuat kamu tidak selera makan?

Itulah 5 kesalahan yang paling sering dilakukan ketika mengolah daging ayam. Mungkin terdengar sepele, namun hal ini nyatanya bisa mengurangi kenikmatan dari ayam goreng itu sendiri. Jangan sampai nafsu makan berkurang hanya karena kita tidak mengolah daging ayam dengan benar ya. Untuk itu mulai hari ini hindari kesalahan-kesalahan tersebut agar rasa ayam goreng tetap nikmat dan membuat nafsu makan meningkat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.