Keajaiban Kartu Elektronik Gerbang Tol

Oleh:   Kastolani Kastolani   |   11/04/2017 03:19:00 PM
Yang dicari oleh masyarakat sebagai pengguna infrastruktur negara adalah kemudahan setelah kewajiban mereka untuk membayar pajak dilaksanakan dengan baik. Bukan permintaan sulit karena secara tidak langsung kita menuntut hak kita. Pembuatan kartu e-toll ini adalah salah satu wujud nyata yang diberikan oleh pemerintah. 

Tidak perlu layanan yang lengkap yang diberikan, melainkan satu layanan saja yang bermanfaat dan memiliki arti yang sangat besar. Karena yang diambil adalah manfaatnya bukan jenis kebijakannya atau banyaknya kebijakan yang diberikan. 

Penggunaan kebijakan yang tepat akan memberikan manfaat yang fokus pada tujuan dan target yang diinginkan. Bukan lagi hal yang mustahil jika penerapannya bagus maka hasilnya pun akan bagus. Tidak ada yang percuma, karena pada kenyataannya semua hal yang diberikan akan memberikan kemudahan kepada masyarakat. Masyarakat sendiri lah yang akan merasakannya sendiri. Bisa menilai kualitas yang didapatkannya. 

PT Jasa Marga sebagai pihak pengelola jalan tol dan pihak pencetus sistem GTO ini benar-benar mengambil tujuan yang tepat untuk memperbaiki kualitas pembayaran administrasi di gerbang masuk dan keluar jalan tol.

Untuk kartu e-toll. yang mungil ini memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya adalah : 

  1. Menjadikan transaksi di gerbang toll menjadi lebih mudah dan cepat. Tidak seperti ketika menggunakan cara pembayaran yang konvensional. Harus membayar dengan uang tunai satu per satu sehingga membuat antrian panjang kendaraan yang sangat mengganggu dan pastinya lama. 
  2. Tidak lagi gundah akan mendapatkan uang palsu. Hal ini adalah kasus nyata yang memang sangat sering terjadi. Peredaran uang palsu yang meresahkan ini akan memberikan kerugian bagi pengguna jalan tol dan juga petugas atau pengelola jalan tol.
  3. Tidak lagi gundah dengan kekurangan uang kembalian yang sering terjadi. Ini dikarenakan kesalahan teknis. Namun kesalahan ini akan terus berulang dan berulang lagi karena semakin banyaknya volume kendaraan yang menggunakan jalan tol.

Kartu e-toll ini adalah wujud dari penerapan sistem GTO. Sebuah sistem yang memang benar-benar diperuntukkan untuk memudahkan teknis pembayaran di jalan tol.

Prinsip kerja dari kartu elektronik ini adalah sama dengan prinsip kerja kartu ATM atau sejenisnya. Ada mesin yang memadai sehingga kemudian dengan cepat. Hanya dengan menempelkan kartu e-toll ini ke mesin yang telah disediakan lalu mesin akan melakukan pembayaran secara otomatis. 

Tidak ada yang salah dengan sistem GTO ini. Bahkan tidak ada kekurangannya. Penggunaan kartu elektronik yang ajaib membuat para pengguna tol lebih mudah masuk ke jalan tol. Efisiensi waktu pun tercapai. Tidak akan lagi ada keluhan karena lamanya antri, kurangnya uang kembalian maupun resiko menerima uang palsu. Dengan e-toll semua menjadi lebih mudah dan efektif.


Tampilkan Komentar