Spare Part Motor Ini Mudah Rusak Jika Tidak Dirawat dengan Baik

Oleh:   Kastolani Kastolani   |   8/16/2017 03:17:00 PM
Motor dijadikan pilihan saat kita enggan bermacet – macet ria di jalanan. Apalagi jika kita tinggal di kota besar seperti Jakarta, maka sepeda motorlah andalannya. Sepeda motor dinilai lebih mendukung kegiatan mobilitas. Bodinya yang ramping memudahkan kita untuk bisa keluar dari padatnya kemacetan lalu lintas. Namun karena tidak merawat sepeda motor dengan baik, bisa jadi spare part motor mudah rusak. Itu artinya, mau tidak mau kita harus mencari toko yang jual spare part motor online agar motor bisa segera digunakan lagi.

Perlu diketahui bahwa awet tidaknya spare part tidak selalu bergantung pada kualitasnya. Meski spare part yang digunakan adalah yang berkulitas tapi tidak diimbangi dengan perawatan yang baik, maka cepat atau lambat spare part pun akan mudah rusak. Jadi jangan serta merta menyalahkan spare part tersebut ya, karena kita pun turut andil dalam hal ini.

Sebelum mengganti spare part yang rusak, kita bisa cek harga ban & velg motor lalu membeli spare part baru di toko yang jual spare part motor online. Tidak berhenti di situ, selanjutnya kita masih harus selalu merawat sepeda motor beserta spare part-nya dengan baik. Jangan sampai spare part yang baru dibeli ikut – ikutan rusak karena tidak dirawat.

Berikut akan kami informasikan tentang komponen – komponen spare part yang mudah rusak, jadi perhatikan betul mengenai perawatannya ya.

Klakson
Klakson yang sering terkena air dan tidak segera dibersihkan akan mudah berkarat. Klakson yang berkarat akan membuat bunyi klakson mengecil, bahkan jika dibiarkan bisa dalam kondisi ini, bukan tidak mungkin akan membuat suara klakson hilang.

Kabel Kopling
Motor yang berkopling juga perlu diperhatikan perawatannya. Terlebih saat musim hujan tiba, dimana sepeda motor akan sering terkena air hujan. Air hujan yang mengenai kabel kopling bisa menyebabkan kabel berkarat. Kondisi kopling yang berkarat akan menjadi seret dan bisa saja kabelnya putus karena karat sudah semakin tebal. Untuk menghindari hal ini, kita harus rajin mencuci kabel kopling tiap kali kehujanan. Tapi jika sudah tidak memungkinkan untuk dibersihkan, tidak ada cara lain selain menggantinya dengan kabel yang baru.

Rantai dan Gear Set
Agar rantai motor tidak mudah rusak, pastikan untuk tidak terlalu kencang atau terlalu kendor sata memasangnya. Sebab hal ini akan membuat rantai cepat rusak. Adapun untuk gear set akan mudah rusak ketika motor digunakan untuk mengangkat beban yang berlebihan. Jadi usahakan menghindari mengangkat beban melebihi kapasitas yang disarankan ya. 

Rem Motor
Hampir sama dengan rantai motor, pemasangan rem yang kurang tepat akan membuat umur rem menjadi pendek. Rem yang dipasang terlalu kendor atau kencang bisa mengakibatkan kampas rem rentan rusak. Lebih dari itu, kebiasaan menekan rem terlalu keras pun juga menyebabkan kinerja rem menurun.

Busi Motor
Tampilan dan bentuknya memang kecil. Tapi jangan salah, jika komponen satu ini sudah rusak juga akan membuat motor menjadi mogok. Masalah pada busi motor umumnya disebabkan adanya cairan yang masuk pada rongga busi. Cairan inilah yang membuat busi tidak menghasilkan percikan api, yang artinya mesin motor tidak akan bisa menyala. Selain itu, pastikan busi yang dimiliki sesuai dengan komponen sepeda motor agar terhindar dari aus.

Ban Motor
Leher roda sepeda motor akan berubah bentuk apabila motor sering digunakan melewati jalan yang rusak. Bentuknya yang berubah akan membuat ban tidak seimbang. Bukan hanya itu saja, jika kita tidak hati – hati saat mengerem, ban motor akan rentan mengalami aus. Membawa beban melebihi kapasitas juga bisa menjadikan ban mudah aus. Ban yang aus akan menurunkan kinerja ban motor, jadi sebaiknya segera cek harga ban & velg motor lalu membelinya.

Demikian tadi beberapa komponen pada sepeda motor yang rentan mengalami kerusakan. Jika tidak ingin spare part motor mengalami kerusakan, pastikan pula kita memperhatikan perihal cara perawatannya. Tapi apabila sudah terlanjur rusak, sebaiknya kita menggantinya dengan yang baru. Sebab jika ada salah satu spare part yang rusak, maka akan mempengaruhi kinerja motor. 

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.


Tampilkan Komentar