Tips Memilih Jalur Mudik 2017 yang Bebas Macet

Oleh:   Kastolani Kastolani   |   5/17/2017 07:43:00 AM
Hari lebaran juga hari-hari besar yang lain selalu terjadi kemacetan di banyak titik terutama ruas jalan utama atau jalan lintas. Tidak ketinggalan jalur tol menjadi salah satu yang tiba-tiba saja macet ketika libur tiba. Keinginan masyarakat untuk mudik sempena lebaran memang tidak bisa dibendung selalu saja terjadi peningkatan di setiap tahunnya.

Meskipun pemerintah sudah berusaha membuat jalur alternatif, memperbaiki jalan yang rusak agar kendaraan bisa lebih selamat sampai membuat jalur tol baru untuk mengurai kemacetan. Namun nyatanya setiap tahun berita yang disajikan masih selalu soal kemacetan jelan mudik. Nah, sebagai salah satu dari sekian banyak pemudik tentu kamu tidak ingin menghabiskan waktu berlama-lama dijalan bukan. Mengingat waktu libur yang sempit dan energi yang terkurang karena macet tentu sangat tidak nyaman. Berikut ini tips memilih jalur mudik 2017 yang bebas macet sehingga kamu bisa berlebaran tanpa harus kelelahan karena lama di jalan.

Pilih waktu yang tepat
Kemacetan terjadi biasanya pagi sekitar pukul 08:00 hingga malam pukul 09:00. Jika ingin tidak terlalu terjebak macet. Usahakan keluar lebih awal misalnya selesai sholat subuh antara pukul 04:00 WIB. Jalanan yang tidak terlalu padat dapat sedikit menghemat waktu.

Mudik lebih awal
Jika ingin terhindar dari kemacetan usahakan mudik lebih awal. Bukan ketika puncak jalur mudik. Karena saat itu kemacetan bisa terjadi dimana-mana mengingat banyak orang yang baru mendapat libur jelang lebaran. Mintalah izin dari perusahaan atau tempat kerja anda untuk bisa mudik lebih awal dengan alasan yang relevan. 

Minta cuti
Kadang sebagian orang mendapat  libur lebaran hanya beberapa hari. Hal ini tentu menyulitkan apalagi jika tujuan mudikmu jauh. Bisa jadi kamu hanya akan kehabisan waktu di jalan. Cobalah untuk meminta cuti dari atasan agar bisa mudik lebih lama. Cuti tahunan bisa kamu ambil jika dirasa perlu.

Mengaktifkan google map 
Google senantiasa bisa diandalkan ketika berada dijalan raya. Pantau jalur mana yang tidak macet lewat google map agar kamu bisa sampai kampung halaman dengan lebih cepat. Jalur yang kamu pilih tentunya harus yang searah dengan kampungmu atau daerah yang ingin kamu tuju.
sumber foto: garkindo.or.id


Tampilkan Komentar