Perkembangan Musik di Indonesia

Oleh:   Kastolani Kastolani   |   3/17/2017 02:53:00 PM
Di zaman yang serba modern seperti saat ini, serasa tak sengaja telah memberikan berbagai macam perubahan di tatanan kehidupan manusia.
Jika dahulu permainan yang ada adalah permainan secara sederhana dan dimainkan secara bersama, maka sekarang sangat berbeda.
Anak-anak saat ini sudah bisa bermain sendiri di rumahnya cukup dengan sebuah gadget di tangannya.
Bermain sendiri tentunya sangatlah membosankan, sehingga Anda perlu bermain secara bersama-sama. Baik itu bersama teman satu kampung, teman satu kos, dan sebagainya.
Terlebih, sebentar lagi akhir pekan akan menyapa kita. Hal apa yang ingin Anda lakukan nantinya?
Jika Anda tak punya banyak waktu guna bepergian bersama teman-teman Anda, misalnya mendaki gunung. Maka Anda bisa mencoba untuk main musik secara bersama di suatu gedung yang bisa Anda sewa.
Bermain musik tentu mengasyikkan bukan?
Lebih-lebih jika semua teman Anda adalah hobi bermain musik, tentu akan menambah keharmonisan hubungan pertemanan Anda.
Ngomong-ngomong, saat Anda bermain musik atau sedang mendengerkan musik, musik jenis apa yang Anda suka?
Main musik sejak dulu sampai sekarang sudah mendarah daging di tanah air lho.
Maka tak salah bahwa di Indonesia saja telah banyak sekali aliran musik yang datang. Mulai dari pop, rock dan tak lupa musik ala Indonesia, dangdut.
Sebagai penikmat musik, mungkin sebagian Anda belum mengetahui bagaimana perkembangan musik yang ada di tanah air tercinta ini.
Sebagaimana yang dilansir oleh goaheadpeople.id, perkembangan musik yang ada di Indonesia nampak sangat menarik untuk dilihar. Ini terjadi karena adanya regenerasi dan eksplorasinya yang terus menanjak dari tahun ke tahun.
Seiring dengan perkembangan yang terjadi, ternyata telah menghasilkan musisi dengan karya yang keren sehingga menimbulkan masa kejayaan musik lokal kita.
Terdapat beberapa masa-masa kejayaan musik di Indonesia dari dulu sampai dengan sekarang, seperti:
Pesta Rap Vol.1 (1995, Musica Studios)
Kompilasi pada tahun ini menunjukkan tentang bagaimana awal-awal masa rap di Indonesia, yang kemudian menghasilkan dua arus besar musisi rap Indonesia melaui proses dialektika. Kedua arus tersebut adalah kuat menggarap lirik dan mengutamakan permainan dalam sound.
Indonesia Best Alternative (1999, Aquarius Records)
Kompilasi ini berisikan kumpulan musik bergenre alternatif terbaik di Indonesia di tahun 90-an, salah satu contohnya adalah band Pure Saturday.
Delicatessen: A Poptastic! Compilation (2002, Poptastic Record)
Kompilasi asal Bogor ini merekam era band-band indie yang sekarang namanya terdengar di mana-mana. Pada eranya, terdapat 12 band, yang diantaranya adalah Mocca dan The Upstairs.
New Generation Calling (2003, Spills Record)
Kompilasi ini berisikan musik bergenre pop punk  atau pop rock yang mana didalamnya terdapat 12 band, salah satunya adalah Superman is Dead. Pada eranya, ternyata berhasil mampu menaikkan pamor seluruh unit musik yang ada didalamnya.
Jakarta Movement ’05 (2005, Aksara Record)
Kompilasi ini telah merepresentasikan era gemerlapnya scene eletronik di awal tahun 2000-an. Sehingga dapat Anda jadikan sebagai referensi musik elektronik yang sedang Anda geluti.
Those Shocking Shaking Days (2011, Now Again Record)
Kompilasi ini merangkum era psychedelic, hard, progressive rock dan funk di Indonesia.
Dentum Dansa Bawah Tanah (2016, Pepaya Record Studiorama)
Kompilasi ini berisikan tentang potret scene musik elektronik Indonesia.
Berbagai macam era musik telah dipaparkan, dan bisa saja Anda juga menjadi orang yang terekam karena kualitas musik Anda sendiri, selamat berkreasi.

Tampilkan Komentar